Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

teknik pengumpulan data kualitatif
Sering dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan menggunakan 3 teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.

1. Wawancara

Pengertian Wawancara adalah suatu kegiatan komunikasi verbal dengan tujuan mendapatkan informasi melalui pertukaran percakapan dengan tatap muka, di mana seseorang (peneliti) memperoleh informasi dari orang lain (informan).

Menurut Fathoni (2006: 105), pengertian wawancara adalah sebagai berikut:

Wawancara adalah teknik pengumpulan data melalui proses tanya jawab lisan yang berlangsung satu arah, artinya pertanyaan datang dari pihak yang mewawancarai dan jawaban diberikan oleh yang diwawancara. (sumber)

Wawancara sebaiknya dilakukan di waktu senggang agar tidak mengganggu waktu-waktu penting informan, yaitu dengan cara menanyakan suatu permasalahan yang akan diteliti kepada salah satu informan.

Teknik wawancara digunakan untuk mengungkapkan data mengenai kondisi terkini atau kondisi yang dialami dari objek yang sedang diteliti. Dari wawancara pula, peneliti dapat mengumpulkan data yang bersifat Primer.

2. Observasi


Pengertian Observasi adalah pengamatan langsung ke lokasi penelitian. Dalam teknik ini peneliti hadir langsung di lokasi penelitian untuk mengamati fenomena terkini yang terjadi di lokasi penelitian dan mengumpulkan data observasi dalam bentuk catatan lapangan mengenai sifat, sikap, dan lokasi dari objek yang diteliti.

Menurut Gulo (2005: 116) pengertian observasi adalah sebagai berikut:

Observasi adalah metode pengumpulan data di mana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian. Penyaksian terhadap peristiwa-peristiwa itu bisa dengan melihat, mendengarkan, merasakan, yang kemudian dicatat seobyektif mungkin. (sumber)

Dari pengertian itu dapat dipahami bahwa observasi adalah pengamatan langsung ke lokasi   penelitian. Dalam teknik ini peneliti meninjau langsung lokasi penelitian guna mengamati dan mengumpulkan data-data yang sifatnya aktual melalui pengamatan secara langsung, mengenai suasana lokasi yang menjadi objek penelitian.

3. Dokumentasi

Pengertian Dokumentasi. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi atau dokumenter, menurut Bungin (2007: 124) adalah, “Salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam metodologi penelitian sosial. Pada intinya metode dokumenter adalah metode yang digunakan untuk menelusuri data historis”. (sumber)

Berdasarkan pengertian tersebut, pengumpulan data melalui dokumentasi berarti adalah, data yang di dapat dari lokasi penelitian yang meliputi dokumentasi dalam bentuk tulisan maupun gambar yang terkait dengan objek penelitian.

Ketiga jenis teknik pengumpulan data tersebut, merupakan teknik pengumpulan data yang umum digunakan pada jenis metode penelitian kualitatif.

No comments