Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Pengertian dan Teknik Analisis Data Kualitaif

Pengertian Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya untuk dapat dikelola, dan mencari apa yang penting untuk dipelajari sebelum menyimpulkan temuan data hingga menjadi suatu kesimpulan penelitian atau hipotesis.

Menurut Gay dan Airasian (2000: 210) dalam Emzir (2012: 37), menjelaskan bahwa, Observasi, wawancara, dokumen pribadi dan resmi, foto, rekaman, gambar, dan percakapan informal semua merupakan sumber data kualitatif.

Oleh karena itu, untuk menganalisis data tersebut, metode yang biasa digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh disusun secara sistematis kemudian disimpulkan secara naratif (verbal) sehingga dapat diperoleh gambaran yang baik dan jelas.

Analisis data sudah bisa dilakukan sejak peneliti berada di lokasi penelitian, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul. Kemudian memilah mana data yang sesungguhnya penting atau tidak. Ukuran penting dan tidaknya suatu data, dapat diketahui melalui peran data tersebut terhadap rumusan masalah dan fokus penelitian.

Menurut Lofland dan Lofland (1984: 470) dalam Moleong (2007: 157), mereka menjelaskan bahwa, Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain.

Di dalam penelitian kualitatif, selain data yang diperlukan, peneliti juga harus memiliki kemampuan untuk dapat menghasilkan penelitian yang baik. Seperti peneliti harus memiliki wawasan yang luas mengenai bidang yang akan diteliti, dan peneliti harus memiliki kepekaan untuk melihat setiap segi yang ada pada objek yang diteliti.


---
Daftar Kepustakaan:
(Emzir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers).

(Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya).




Kata Kunci:
Pengertian Analisis Data,   Pengertian Analisis DataKualitatif, Pengertian Analisis Data  penelitian kualitatif, sumber data menurut Moleong, sumber data menurut Moleong (2007: 157).

No comments