Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Memperbaiki iPhone Sinyal Searcing



cara memperbaiki iPhone yang mengalami sinyal searching
Indikator sinyal iPhone Anda tiba-tiba tidak lagi menunjukkan jumlah tingkatan sinyal operator kartu sim Anda, tapi berganti dengan tulisan “Searching” atau "mencari" terus menerus. Ya, itu tandanya iPhone Anda sedang mengalami masalah ‘hilang sinyal’

Cara Memperbaiki iPhone Hilang Sinyal sebenarnya tidak sulit.

iPhone yang mengalami hilang sinyal atau searching terus-menerut tentu saja tidak bisa menggunakan beragam fitur yang butuh sinyal seluler seperti paket data, panggilan telepon, dan SMS tidak bisa digunakan. Fitur tersebut butuh jaringan seluler dan tidak akan bekerja jika tidak ada sinyal di iPhone kamu.

Tidak perlu kejadian tertentu bagi iPhone Anda untuk mengalami kondisi hilang sinyal. Tidak butuh kejadian yang parah seperti terjatuh yang dapat merusak perangkat iPhone Anda. Kejadian ini bisa terjadi tiba-tiba saja tanpa kejadian atau alasan apapun. Kenapa bisa seperti itu?? tak ada jawaban yang pasti. Tapi yang pasti, perangkat iPhone Anda mengalami kehilangan sesuatu bernama “Modem Firmware”

Tak usah takut iPhone Anda rusak parah. Ini hanya permasalahan kecil yang bisa Anda perbaiki sendiri dirumah.

Berikut Cara Memperbaiki iPhone Sinyal Searcing atau iPhone Kehilangan Modem Firmware

Pertama, untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mengeceknya dengan menekan Aplikasi Pengaturan>Umum>Mengenai.

Pada halaman ini Anda akan melihat spesifikasi perangkat iPhone Anda, mulai dari operator yang Anda gunakan, kapasitas iPhone Anda, nomor seri, IMEI, dan termasuk Firmware Modem iPhone Anda. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara memperbaiki iphone hilang sinyal

Pada gambar diatas, pada bagian ‘Firmware Modem’ tidak ada tulisan apapun. Dalam kondisi normal, bagian firmware modem akan berisikan nomor tertentu. Jika Anda mendapati iPhone Anda mengalami hal yang sama seperti gambar diatas, maka yang perlu Anda coba lakukan pertama kali adalah Mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat Anda.

Mengatur ulang pengaturan jaringan operator di iPhone Anda akan membuat pengaturan sandi wifi yang pernah terdaftar di iPhone Anda akan menghilang. Anda harus mengetik ulang sandi wifi jika ingin kembali terhubung ke berbagai zona free wifi yang pernah terdaftar di iPhone Anda.

Cara melakukannya cukup mudah. masuk ke menu Pengaturan>Umum>Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Jika setelah mengatur ulang jaringan namun sinyal belum muncul, waktunya mencoba cara kedua, yaitu dengan melakukan Hard Reset iPhone. Cara ini cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tiga tombol iPhone secara bersamaan, yaitu tombol Home, tombol Plus (+) di sisi samping iPhone, dan tombol on/off iPhone.

Tahan ketiga tombol tersebut sekitar sepuluh detik sampai iPhone Anda restart dan kembali menampilkan reboot logo apple, lalu lepaskan ketiga tombol tersebut.

Jika sudah melakukan langkah kedua ini perangkat iPhone Anda masih belum memunculkan sinyal, maka kita akan melakukan langkah berikutnya yang sedikit memakan waktu yaitu dengan mengupdate iPhone Anda ke iOS terbaru. Anda bisa mengupdate iOS melalui iTunes atau mendownload langsung dari pembaharuan perangkat iOS yang ada di pengaturan iPhone Anda

Jika Anda sudah melakukan update iPhone Anda ke iOS terbaru namun belum menyelesaikan masalah sinyal iPhone Anda masih searching terus, maka sudah waktunya untuk melakukan hal yang sedikit lebih sulit. Sampai disini saya belum menyarankan Anda untuk merestor/mereset iPhone Anda ke setingan pabrik, karena hal tersebut akan membuat semua data di iPhone Anda akan hilang. Kecuali Anda sering melakukan backup data iPhone Anda pada iTunes di Komputer atau membackup data iPhone Anda ke iCloud.

Jika dengan memperbaharui iOS iPhone Anda masih belum memunculkan sinyal operator, tidak perlu panik, karena masih ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencoba memperbaiki sendiri iPhone yang mengalami sinyal Searching.

Cara yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan merestore iOS iPhone Anda menggunakan file bernama IPSW. Install iOS dengan file IPSW merupakan salah satu cara alternatif disamping update dari iPhone melalui OTA, atau melalui iTunes secara langsung.

Namun untuk memperbaiki perangkat iPhone Anda menggunakan cara tersebut, akan memerlukan pembahasan tersendiri yang panjang yang akan penulis sampaikan pada postingan yang lain.

Begitu pula dengan cara terakhir yang bisa Anda coba lakukan sendiri yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Wondershare Dr.Fone for iOS. (iPhone 5s saya yang mengalami searching sinyal berhasil diperbaiki dengan cara terakhir ini)

Untuk memperbaiki iPhone menggunakan Wondershare Dr.Fone for iOS memerlukan pembahasan tersendiri yang akan saya sampaikan pada postingan berikutnya.



Note:
* Jika yang bermasalah adalah software dari iPhone Anda, maka menggunakan salah satu cara diatas, pasti bisa memperbaiki masalah iPhone yang mengalami sinyal searching terus menerus. Namun bila telah melakukan semua cara diatas tapi iPhone Anda masih belum menampilkan sinyal, itu berarti ada kerusakan pd ic atau perangkat hardware penerima sinyal dari iPhone Anda yang tidak bisa Anda perbaiki sendiri. Anda harus membawa iPhone Anda ke tekhnisi terpercaya.



Kata Kunci:

Cara Memperbaiki iPhone Hilang Sinyal
Cara Memperbaiki iPhone yang Mengalami Sinyal Searching
Cara Memperbaiki iPhone yang Mengalami Sinyal Searching Terus-Menerus
Cara Memperbaiki iPhone Kehilangan Modem Firmware

No comments