Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Penelitian Deskriptif

Pengertian Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif pada dasarnya adalah penelitian yang bertitik tolak pada adanya fenomena sosial yang menarik untuk dikaji lebih mendalam sesuai dengan keadaan terkini dari objek yang diteliti. Penelitian bertipe deskriptif ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana suatu keadaan berupa fenomena dan kejadian kemudian melaporkannya sebagaimana adanya. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang saat ini terjadi pada objek yang diteliti. Dalam prosesnya, terdapat upaya untuk mencatat, mendeskripsikan, menganalisa dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang selama ini terjadi pada objek penelitian.

Menurut Moleong (2007:11), mengungkapkan bahwa, ciri-ciri metode deskriptif memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang atau pada masalah aktual. Data yang dimaksudkan dapat berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. (sumber)

Selain itu ada pula model penelitian deskriptif analitik, yang maksudnya adalah, data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi, (Margono, 2004: 39). (sumber)

Dengan metode ini, penelitian deskriptif yang umumnya digabungkan dengan penelitian kualitatif (deskriptif kualitatif) permasalahan sosial, dapat dilakukan dengan terperinci dan lebih mendalam sesuai dengan keadaan terkini yang terjadi pada objek di lokasi penelitian.



Kata Kunci:
pengertian penelitian deskriptif, pengertian deskriptif adalah, deskriptif adalah. pengertian deskriptif menurut Moleong, pengertian penelitian deskriptif menurut moleong



No comments