Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Mengatasi Monitor Mati Komputer Menyala

cara mengatasi monitor mati komputer menyala
Pernahkan Anda kebingungan saat menggunakan komputer, tiba-tiba saja monitor komputer Anda tidak menampilkan gambar apapun seolah telah di shut down, padahal sebenarnya komputer Anda menyala?

Tenang. Jangan buru-buru panik apa lagi mengklaim tanpa pengetahuan yang jelas, bahwa suatu script atau virus jahat telah merusak sistem komputer Anda sehingga menyebabkan komputer Anda tidak menampilkan gambar di monitor.

Sebenarnya komputer Anda masih menyala dengan baik, yang ditandai dengan lampu LED pada casing komputer, maupun lampu pada tombol power masih menyala, begitu pula dengan kipas di dalam casing komputer, semuanya tetap menyala, namun keanehannya adalah monitor tidak memunculkan gambar apapun. Dan kejadian itu terjadi tiba-tiba, lalu terjadi lagi saat Anda menyalakan ulang komputer, dan terus berulang. Hal ini bukan karena script jahat atau virus komputer ganas telah bersarang akut di dalam sistem komputer Anda.

Jika Anda mencari tahu di internet mengenai permasalahan tersebut dengan mengetikkan kata kunci seperti:

Cara mengatasi PC hidup tapi gambar tidak tampil di monitor

Cara mengatasi PC hidup, monitor mati

Monitor mati sendiri saat PC sedang digunakan

Komputer menyala tanpa menampilkan gambar di monitor


Jika Anda pernah mengetikkan kata-kata kunci tersebut pada search engine internet, maka Anda akan mendapat informasi bahwa, untuk mengatasi permasalahan Komputer Menyala Tanpa Menampilkan Gambar di Monitor, maka terdapat beberapa solusi sebagai berikut:

Mengecek kabel-kabel yang saling terhubung antar perangkat komputer

Melakukan reset ulang baterai CMOS

Melakukan pengecekan pada VGA card apakah ada kerusakan

Mengganti hardware komputer


Jika Anda telah melakukan beberapa cara tersebut dan mungkin beberapa cara rumit lainnya yang tidak turut saya sebutkan, namun tetap tidak membuahkan hasil, komputer Anda tetap saja menyala sebentar lalu tiba-tiba monitor tidak menampilkan gambar apapun. Anda bukan orang pertama yang mengalami hal itu. Saya juga pernah mengalami hal tersebut.

Dari pengalaman saya, jika Anda telah melakukan pengecekan terhadap semua komponen di dalam CPU komputer Anda, apakah ada kerusakan pada salah satu komponen tersebut, hingga membawa CPU komputer Anda ke ahli reparasi komputer, dan teknisi komputer mengatakan bahwa perangkat di dalam CPU komputer Anda tidak bermasalah. Itu artinya masalah komputer Anda bukan pada komponen di dalam CPU komputer, dan mungkin bukan juga berasal dari tatanan kabel komputer Anda yang mungkin berantakan, apalagi dari virus komputer. Tetapi permasalahan komputer Anda terletak pada monitor.

Untuk menguji apakah benar monitor komputer Anda sumber masalahnya, maka lepas sambungan kabel VGA (kabel yang ujung kepalanya agak besar dan berwarna biru) dari CPU komputer Anda, dan hubungan dengan port VGA pada komputer/Laptop Anda yang lain. Coba nyalakan komputer/laptop Anda itu yang telah Anda hubungan dengan monitor yang terindikasi rusak.

Jika monitor Anda memang bermasalah, maka monitor itu akan mengalami masalah yang sama, yaitu tidak akan menyala lama (sekitar 30 menit sampai 1 jam) dan kemudian monitor tidak  menampilkan gambar apapun, namun lampu power pada monitor menyala. Sedangkan monitor komputer/laptop Anda yang terhubung dengan monitor yang terindikasi bermasalah itu, akan tetap menyala seperti biasa.

Jika benar demikian, maka proses identifikasi masalah pada kasus komputer menyala tapi tidak menampilkan gambar di monitor—telah selesai. Sumber masalah telah ditemukan. Monitor komputer Anda rusak !


---
Kata Kunci:

cara mengatasi PC hidup, monitor mati
cara mengatasi cpu nyata monitor mati
mengatasi masalah monitor yang tidak mau menyala
komputer nyata tapi tidak ada tampilan di monitor


2 comments:

  1. Terimakasih atas infonnya sangat bermanfaat :) jangan lupa kunjungi juga web saya :

    http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-www-world-wide-web-beserta.html

    ReplyDelete
  2. Bagus. Bermanfaat. Kunjungi jg web saya yah di depankomputer.com

    ReplyDelete