Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Backup Data iPhone ke iCloud atau ke iTunes


cara backup data iPhone ke iCloud atau ke iTunes
Cara Backup Data iPhone ke iCloud atau ke iTunes tidaklah sulit. Dengan melakukan backup data iPhone maka kamu akan memiliki copy dari isi iPhone tersebut, sehingga kamu tidak akan kehilangan berbagai data penting seperti foto, messages, daftar kontak, dan berbagai data lain saat terjadi hal-hal buruk seperti iPhone hilang, rusak, atau diganti dengan yang baru.

Selain kemungkinan hilang dan rusak, terkadang pembaruan iOS juga bisa menghapus beberapa data iPhone.

Untuk mencegah kehilangan data iPhone, ada 2 cara untuk melakukan backup data di iPhone. Yaitu menggunakan iCloud, dan yang kedua menggunakan iTunes.

Kita akan membahasnya satu persatu.

Pertama, Cara Backup Data iPhone Menggunakani iCloud

Sedikit pembahasan mengenai iCloud. iCloud adalah sebuah media penyimpanan data secara online yang diciptakan oleh Apple dan hanya untuk perangkat Apple. Cara kerja iCloud hampir sama dengan Google Drive dan Dropbox yang ada di smartphone Android.

iCloud mampu menyimpan data berupa file dokumen, gambar, video, dan musik. Anda bisa mengakses semua data yang disimpan di iCloud kapan pun Anda inginkan, asalkan Anda memiliki koneksi internet.

Berikut adalah langkah-langkah mencadangkan perangkat (back up data) melalui iCloud:

cara backup data iPhone ke iCloud atau ke iTunes
Tampilan pada iOS 10.3.3

cara backup data iPhone ke iCloud atau ke iTunes
Tampilan pada iOS 10.2

Untuk memulai backup data iPhone ke akun iCloud kamu, pertama-tama pastikan perangkat iPhone terhubung ke jaringan Wi-Fi. Tidak disarankan untuk menggunakan koneksi data sebab kapasitas backup iPhone kamu bisa jadi berukuran besar.

1. Buka Settings di iPhone, kalau kamu menggunakan iOS 10.3.3 klik nama akun dan pilih iCloud. (Kalau kamu masih menggunakan iOS 10.2 atau versi sebelumnya, buka Settings, lalu scroll ke bawah dan pilih iCloud)

2. Pilih iCloud Backup/cadangan iCloud (Kalau kamu ada di iOS 10.2 atau versi sebelumnya, bagian ini hanya akan menampilkan "Backup"). bila tombol dalam keadaan off/mati, maka klik aktifkan.

4. Kemudian, tekan tombol "Back Up Now" untuk memulai upload ke iCloud.


Kalau kamu tidak ingin melalui langkah tadi setiap kali ingin melakukan backup, iCloud juga bisa mem-backup secara otomatis berdasarkan jadwal yang kamu atur. Sebelumnya pastikan dulu apakah iCloud Backup sudah aktif seperti yang dijelaskan pada 4 langkah sebelumnya. iCloud akan melakukan backup secara berkala saat iPhone Anda terhubung dengan jaringan wifi.

Apple memberi kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB di iCloud secara gratis, tapi kapasitas ini bisa jadi tidak cukup bagi pengguna dengan data backup di iPhone yang besar. Kalau kamu membutuhkan ekspansi kapasitas iCloud, bisa membeli paket penyimpanan iCloud premium.



Cara Kedua, Cara Backup Data iPhone Melalui iTunes

Berbeda dengan backup data iPhone melalui iCloud, cara backup data iPhone melalui iTunes lebih fleksibel. Menggunakan iTunes untuk backup data, tidak dibutuhkan koneksi internet.

Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

cara backup data iPhone ke iCloud atau ke iTunes

Buka program iTunes di komputer dan hubungkan iPhone melalui kabel USB lalu klik sebuah icon kecil bergambar handphone untuk masuk ke menu spesifikasi iPhone Anda.

Jika kamu baru pertama kalinya menyambungkan perangkat iPhone kamu ke komputer, Kamu akan melihat dialog box yang muncul di monitor komputer yang meminta pengesahan komputer yang kamu gunakan untuk menyimpan data iPhone. Pilih OK/Continue. Ada baiknya, jika Anda baru pertama kalinya menghubungkan iPhone anda ke komputer, sebaiknya login ke akun iTunes Anda melalui aplikasi iTunes di komputer Anda, yang fungsinya adalah untuk mengidentifikasi account Anda dan pengesahan aplikasi iTunes di komputer Anda atas nama akun iTunes Anda.

Setelah itu kamu bisa menemukan opsi Backup dengan beberapa pilihan tujuan backup yang tersedia. Kamu bisa pilih backup ke iCloud, dengan hasil yang sama seperti saat kamu melakukan langsung melalui iPhone di cara sebelumnya.

Kamu juga bisa pilih ‘This Computer’ untuk backup data iPhone Anda ke PC / Mac yang kamu miliki. Perhatikan disini ada opsi Encrypt iPhone backup yang defaultnya Off, kamu harus centang ini agar berbagai data penting seperti Activity, Passwords, Health, dan HomeKit ikut terbackup, plus data backup kamu juga akan terenkripsi sehingga lebih aman.

Jika sudah, tinggal klik Back Up Now/cadangkan sekarang.



Jika kamu akan melakukan hal-hal khusus seperti upgrade iOS misalnya, maka membuat arsip backup iPhone melalui iTunes penting untuk dilakukan agar kedepannya bisa downgrade iOS kapanpun diinginkan.

Panduan lengkap cara membuat arsip backup iPhone akan dilanjutkan pada postingan berikutnya



Kata Kunci:

Cara Backup Data iPhone ke iCloud atau ke iTunes
Cara Menyimpan data iPhone ke iCloud
Cara Menyimpan data iPhone ke iTunes




No comments