Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Agar Artikel Blog Tidak di Copy Paste


cara agar artikel blog tidak bisa di copy paste
Cara Agar Artikel Blog Tidak di Copy Paste
Tentu tidak ada penulis atau blogger yang ‘lapang-lapang saja dadanya’ ketika melihat karya tulisnya dalam bentuk artikel yang ia publish di media-media seperti website atau blog miliknya, di copy-paste orang lain dan dipublish ulang di website atau blog miliknya tanpa menulis dari mana asal artikel itu, sehingga seolah-olah artikel itu adalah miliknya atau hasil dari ‘pemikirannya sendiri’, padahal bukan.

Oleh karena itu, menemukan artikel milik kita di website atau blog orang lain, tanpa pemilik website atau blog itu menuliskan sumbernya, pasti sangat menyebalkan.

Dalam artikel ini, saya bukan ingin memberikan tips atau trik mengenai bagaimana caranya agar artikel di website atau blog kita tidak di copy-paste oleh orang lain, atau orang-orang yang tidak tahu aturan mengenai tatacara mengutip hasil pemikiran atau karya orang lain. Karena untuk menerapkan tips trik agar artikel blog tidak di copy-paste orang lain, sudah sangat banyak blogger yang mengulasnya, dan sudah banyak pula yang memberikan tips trik agar artikel di blog tidak di copy paste orang lain. Karena hanya dengan mengetikkan kata kunci seperti:

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa di Copy Paste, Cara Memasang Anti Copy Paste di Blog

pada search engine internet seperti Google, Anda akan menemukan lebih dari sepuluh halaman website atau pun blog yang akan memberikan Anda tips trik agar artikel di blog Anda tidak bisa di copy-paste oleh para copasser maniak yang tidak tahu aturan. Baik melalui script css untuk melindungi artikel blog agar tidak bisa di copy-paste oleh para copasser maniak, atau melalui kode java script untuk mencegah artikel di copy-paste orang lain. Atau melalui cara-cara lainnya yang lebih canggih, yang hanya diketahui oleh para blogger senior yang telah menguasai berbagai bahasa pemrograman. Intinya, artikel original milik kita, yang telah kita publish, tetap tidak akan benar-benar aman dari tindakan copasser maniak yang tidak tahu aturan.

Dalam artikel ini saya hanya ingin menyampaikan bahwa, dengan cara apapun baik dengan menerapkan Script Anti Copy Paste atau Script Anti Klik Kanan pada website atau blog kita, hal itu tetap tidak akan benar-benar melindungi tulisan original milik Anda dari orang-orang yang tidak tahu aturan mengenai tatacara pengutipan hasil pemikiran dan karya tulis orang lain. Bahkan meski Anda telah mendaftarkan blog ke DMCA.

Mendaftarkan blog ke DMCA Protection memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk mencegah pencurian sekaligus menjadi perlindungan content isi dari sebuah website atau blog agar tidak di copy-paste secara sembarangan oleh orang lain. Untuk hal inilah pentingnya mendaftarkan blog ke DMCA Protection.

Namun meski Anda telah mendaftarkan blog Anda ke DMCA protection, bukan berarti secara otomatis DMCA protection akan melindungi artikel Anda dari pencurian konten blog oleh orang lain, dan memblokir website atau blog milik pencuri konten itu. DMCA baru akan mengambil tindakan apabila pemilik website atau blog mengajukan laporan ke DMCA bahwa ada artikelnya yang telah di copy-paste orang lain dan di publish tanpa izin penulis artikel, di website atau blog miliknya. Jika ada laporan, barulah pihak DMCA melakukan tindak lanjutnya.

Perhatikan kalimat bold diatas, itu adalah salah satu celah bagi para pencuri konten artikel tetap bisa melakukan aksi copy pastenya tanpa izin.

Jujur saja bahwa, kita semua pasti pernah melakukan copy-paste hasil pemikiran orang lain dan tidak menuliskan sumbernya, terutama saat mengerjakan tugas kuliah misalnya. Hal itu kita lakukan karena masih minimnya pengetahuan dan informasi yang kita miliki mengenai suatu hal.

Oleh karena itu, dapat kita pahami bahwa, orang yang melakukan copy paste artikel dan tidak menuliskan sumber tulisan itu, sehingga tulisan tersebut seolah-olah berasal dari pemikirannya sendiri, dapat kita definisikan sebagai ‘orang yang sedang belajar untuk meningkatkan pengetahuannya’

Dari pada perasaan menjadi sebal karena memikirkan tingkah laku para copasser maniak (tukang jiplak artikel), lebih baik kita do’a kan saja agar mereka bisa cepat belajar dan menyerap semua pengetahuan maupun informasi yang pernah ‘dicurinya’ dari orang lain, agar semakin banyak orang Indonesia yang menjadi cerdas meski dengan ‘menggunakan’ informasi dan pengetahuan dari orang lain. Karena pengetahuan itu di dapat dari orang lain, dan kemudian dikembangkan lagi oleh orang lain.

Ambil positifnya saja bahwa, kalau tulisan kita disalin orang lain, itu pertanda bahwa artikel kita banyak disukai dan bermanfaat.

Satu lagi,,,,

Bukankah diatas langit masih ada langit,

Jadi pelajarannya adalah, jangan merasa sudah pintar dengan pemikiran yang kita punya, karena ada orang lain yang pemikirannya lebih luas dan lebih hebat dari kita. Karena kita pun tidak luput dari belajar melalui pengetahuan dan informasi dari orang lain. Yang terpenting, tetap menggunakan aturan, jika mengutip, tuliskan sumbernya.

Di masa penggunaan internet yang merajalela seperti sekarang ini, Tidak ada yang benar-benar bisa mengamankan karyanya, apa lagi karya tulisnya yang ia posting di media online. ‘Produk bajakan’ akan selalu tersedia.

Kesimpulannya adalah:
Keep calm, google tahu blog mana pemilik artikel original tersebut.

Akhir kata,

Sampai jumpa lagi di halaman 1 google dengan artikel yang baru.



No comments