Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Opini Publik

Devinisi dan Pengertian Opini Publik
Pengertian opini publik
Pengertian Opini Publik
Opini terdiri dari dua kata, yaitu opini, dan publik.

Opini adalah ide pikiran, atau pendapat yang sifatnya kontroversial. Opini adalah suatu ekspresi tentang sikap mengenai suatu masalah yang bersifat kontroversial. Opini timbul sebagai hasil pembicaraan tentang masalah yang bersifat kontroversial yang menimbulkan pendapat yang berbeda-beda dimana opini tersebut berasal dari opini-opini individual yang diungkapkan oleh para anggota sebuah kelompok yang pandangannya bergantung pada pengaruh-pengaruh yang dilancarkan kelompok itu. Opini-opini individual tersebut kemudian dikenal dengan istilah opini publik.

Publik adalah sekelompok orang, bisa satu orang, atau dalam jumlah yang lebih banyak atau yang disebut dengan massa.

Opini bukanlah sebuah fakta, akan tetapi jika dikemudian hari dapat dibuktikan, maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

Opini publik identik dengan pengertian kebebasan, keterbukaan dalam mengungkapkan ide-ide, pendapat, keinginan, keluhan, kritik yang membangun dan kebebasan di dalam kepenulisan. Dengan kata lain, opini publik merupakan efek dari kebebasan dalam mengungkapkan ide-ide dan pendapat.

Dalam menentukan opini publik, yang dihitung bukanlah jumlah mayoritasnya, namun mayoritas yang efektif. Subjek opini publik adalah masalah baru yang kontroversial dimana unsur-unsur opini publik adalah pernyataan yang kontroversial mengenai suatu hal yang bertentangan.

Opini terbagi menjadi dua yaitu opini murni dan opini tidak murni.

Opini murni adalah opini yang lahir dari reaksi masyarakat atasu suatu masalah atau isu. Oleh karena itu, opini dapat dikatakan sebagai issue yang sedang berkembang.

Opini tidak murni adalah opini yang dimanipulasi atau opnipi yang dipermainkan dengan cerdik. Opini tidak murni juga bisa berarti sebagai opini yang direncanakan atau opini yang dikehendaki.

Proses terbentuknya opini terdiri dari beberapa faktor sebagai berikut:
Pertama, ada masalah yang perlu dipecahkan sehingga orang mencari alternative pemecahan.
Kedua, munculnya beberapa alternative yang memungkinkan terjadinya diskusi untuk memilih alternatif.
Faktor ketiga, dalam diskusi diambil keputusan yang melahirkan kesadaran kelompok.
Faktor keempat, untuk melaksanakan keputusan, disusunlan program yang memerlukan dukungan yang lebih luas.

Faktor-faktor yang mempengaruhi opini adalah:
Pertama adalah faktor pendidikan. Pendidikan baik formal atau informal banyak mempengaruhi dan membentuk persepsi seseorang, orang yang berpendidikan memiliki sikap yang lebih mandiri ketimbang kelompok yang kurang berpendidikan, dan yang terakhir cenderung mengikuti.
Faktor yang kedua adalah kondisi sosial. Masyarakat yang terdiri dari kelompok tertutup akan memiliki pendapat yang lebih sempit daripada kelompok masyarakat terbuka, dalam masyarakat tertutup komunikasi sulit dilakukan.
Faktor yang ketika adalah kondisi ekonomi masyarakat. masyarakat yang kebutuhan minimnya terpenuhi bukan lagi merupakan bahaya yang mengancam, karena mereka adalah masyarakat yang tenang dan demokratis.
Faktor yang keempat adalah ideology. Ideology adalah hasil kristalisasi nilai yang ada dalam masyarakat, ia juga merupakan pemikiran khas suatu kelompok, maka ideology cenderung mengarah pada egoism atau kelompokisme.
Faktor kelima adalah media masa. Persepsi masyarakat dapat dibentuk oleh media massa, media massa dapat membentuk pendapat umum dengan cara pemberitaan yang sensasional dan berkembang.
Faktor yang keenam adalah organisasi. Dalam kelompok ini, orang cenderung bersedia menyamakan pendapatnya, maka pendapat umum mudah dibentuk.

Opini publik dari sudut pandang ilmu sosial, diartikan sebagai kekuatan yang ada dalam masyarakat. Devinisi ini menjelaskan bahwa jika suatu pendapat dianut banyak orang, maka diasumsikan bahwa pendapat itu benar.

Ilmu komunikasi mendevinisikan opini publik sebagai pertukaran informasi yang membentuk sikap, menentukan isu dalam masyarakat dan dinyatakan secara terbuka.

Dari sudut pandang ilmu psikologi, opini publik sebagai hasil dari sikap sekumpulan orang yang memperlihatkan reaksi yang sama terhadap rangsangan yang sama dari yang lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, opini publik selain merupakan issue yang sedang berkembang, opini publik juga memiliki arti sebagai suatu ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama atau publik, mengenai suatu masalah kontroversial yang menyangkut kepentingan umum.



---
Kata Kunci:
pengertian opini publik
devinisi opini publik
pengertian opini
pengertian publik
pengertian opini publik dari berbagai ilmu
proses terbentuknya opini
faktor yang mempengaruhi opini


No comments