Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Membuat Daftar Isi Blog


cara membuat daftar isi blog
Cara Membuat Daftar Isi Blog
Daftar Isi / Peta Situs / Sitemap / Table Of Content blog, berfungsi untuk mempermudah pengunjung blog melihat keseluruhan artikel dan mencari artikel yang ia butuhkan dari blog yang ia kunjungi.

Selain itu, daftar isi / Sitemap / Peta Situs / Table Of Content blog, atau apapun nama lainnya, juga bisa meningkatkan indeks artikel blog oleh mesin pencari internet. Oleh karena itu, tidak jarang disebutkan bahwa, daftar isi blog atau umumnya di tulis (Sitemap) berpengaruh pada seo suatu blog, terlebih lagi bila blog telah didaftarkan ke ‘webmaster tools’, karena mesin pencari internet seperti google akan lebih mudah ‘merayapi’ keseluruhan artikel yang ada di dalam blog dengan adanya daftar isi atau sitemap blog, selain fungsinya yang utama yaitu untuk mempermudah pengunjung blog melihat keseluruhan indeks artikel yang ada di dalam blog secara cepat.

Sebenarnya, daftar isi blog (sitemap), memiliki fungsi lain, meski tidak terlalu diperhatikan oleh pengunjung blog, karena pengunjung blog biasanya hanya memperhatikan ‘blog archive’ untuk melihat artikel blog.

Namun, meski demikian, daftar isi blog (sitemap) tetap merupakan hal yang cukup baik untuk ditempatkan menjadi salah satu tab navigasi di blog. Tentunya hal ini bermaksud agar blog terlihat lebih baik dengan adanya tab navigasi seperti tab Daftar Isi / Sitemap blog.

Ada banyak cara beserta script yang telah dipublikasikan para blogger untuk membuat daftar isi blog. Salah satunya dengan menempatkan script di bawah ini pada blog.


<div style="background-color: none; border: 1px solid #000000; height: 400px; margin: auto; overflow: auto; padding: 3px; text-align: left; width: 100%;">
 <script src=" http://mastergomaster.googlecode.com/files/daftar%20isi%20blog.js "></script>
 <script src="http:// http://namabloganda/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>


Copy script diatas, lalu login ke blog Anda. Pada dashboard blog, klik new page untuk membuat (laman baru). Ketik judul laman dengan nama ‘Daftar Isi’ atau ‘Sitemap’, kemudian paste-kan kode diatas melalui mode HTML (jangan mode compose) agar lebih mudah. Script tersebut akan otomatis menambahkan setiap ada postingan yang baru dipublikasikan,  ke dalam Daftar Isi blog

Dan sebelum halaman ‘Daftar Isi’ ini di save/publikasi-kan, ganti tulisan berwarna merah pada kode tersebut dengan alamat url blog Anda. Jika sudah, klik publish. Maka proses membuat halaman daftar isi blog, sudah selesai. Silahkan coba dilihat halaman ‘Daftar isi’ blog yang baru dibuat.

Untuk contohnya dapat dilihat pada halaman daftar isi / Sitemap blog ini.

Bila Anda ingin menempatkan halaman ‘Daftar isi’ atau ‘Sitemap’ menjadi salah satu navigasi blog, bersebelahan dengan tab ‘Beranda / Home’ dan tab lainnya, hal itu tergantung dari template blog yang Anda gunakan. Karena ada template blog yang telah menyediakan fitur navigasi ini, dan ada juga yang tidak menyediakannya, sehingga Anda harus memasang script tambahan untuk membuat tab navigasi.


---
Catatan:
Jika tidak bermasalah, maka url laman daftar isi yang baru dibuat, akan menjadi seperti contoh dibawah ini:

http://namabloganda.blogspot.com/p/sitemap.html

jika sedikit bermasalah, maka alamat url laman daftar isinya akan berubah menjadi seperti contoh dibawah ini:

http://namabloganda.blogspot.com/p/blog-page_12.html

Permasalahan tersebut biasanya terjadi karena Anda terlebih dahulu meng copy-paste kode pada halaman potingan kode HTML, baru kemudian Anda mengetik judul laman.

Jika menemui permasalah seperti contoh url berwarna merah, maka bisa diatasi dengan cara: hapus laman ‘daftar isi’ yang baru dibuat. Kemudian, setelah anda klik new page / laman baru pada dashboard blog, langsung ketik judul halaman dengan ‘Daftar Isi’ atau ‘Sitemap’, baru kemudian paste-kan script ke halaman postingan kode HTML.


Silahkan dicoba.




---
Kata Kunci:

cara membuat daftar isi/sitemap blog
cara membuat daftar isi/sitemap blog otomatis
cara mudah membuat daftar isi/sitemap blog otomatis
cara memasang daftar isi/sitemap di blog




No comments