Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Mengatasi Modem yang Tidak Terdeteksi Oleh Komputer


cara mengatasi modem tidak terdeteksi oleh komputer
Modem Anda memiliki masalah yaitu Tidak Terdeteksi Atau Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Connect Internet ? padahal sebelumnya modem terdeteksi dan bisa connect internet seperti biasa.

Tenang, jangan bingung, apa lagi kesal dan putus asa (lalu bawa komputer / laptop ke tukang servis komputer minta install ulang). Itu adalah cara yang sangat berlebihan untuk mengatasi permasalahan modem yang tidak terdeteksi.

Juga jangan buru-buru mengklaim tanpa pengetahuan yang jelas, bahwa suatu script atau virus jahat telah merusak sistem komputer Anda sehingga menyebabkan driver modem Anda terhapus sehingga modem Anda tidak terdeteksi dan tidak bisa connect internet.

Jika Anda mencari tahu di internet mengenai permasalahan tersebut dengan mengetikkan kata kunci seperti:


Cara mengatasi modem tidak terdeteksi oleh komputer

Cara mengatasi modem terdeteksi tapi tidak bisa connect internet

Cara mengatasi modem yang tidak bisa connect internet


Jika Anda pernah mengetikkan kata-kata kunci tersebut pada search engine internet, maka Anda akan mendapat informasi bahwa, untuk mengatasi permasalahan modem tidak terdeteksi atau modem terdeteksi tapi tidak bisa connect internet, yang jika dirangkum, terdapat beberapa solusi sebagai berikut:


Melakukan scan sistem pada komputer karena di curigai terdapat virus yang telah menghapus driver modem

Melakukan Install ulang modem

Melakukan setting ulang driver modem melalui Control Panel > Hardware > dan masih banyak langkah-langkah selanjutnya

Melakukan restart Windows

Hingga melakukan cara seperti me-Repair Windows


Jika Anda telah melakukan beberapa cara tersebut dan mungkin beberapa cara rumit lainnya yang tidak turut saya sebutkan, namun tetap tidak membuahkan hasil, modem tetap tidak terdeteksi, atau terdeteksi tapi tidak bisa connect internet. Anda bukan orang pertama yang mengalami hal itu. Saya juga pernah mengalami hal tersebut.

Ada dua indikasi yang mungkin terjadi pada modem Anda. Yang pertama, bisa jadi driver modem Anda memang terhapus, untuk mengatasinya tentu saja dengan menginstall ulang modem Anda. Indikasi kedua, bisa jadi Anda lupa mengecek paket kuota internet Anda, bahwa sebenarnya paket kuota internet Anda telah habis, yang menyebabkan meski modem terdeteksi tapi tidak bisa digunakan untuk internetan. Solusinya tentu saja dengan menambah kuota paket internet modem Anda.

Namun, jika kedua indikasi tersebut telah Anda atasi dan masalah modem yang tidak terdeteksi dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet tetap belum teratasi, maka saya punya cara sederhana untuk mengatasi masalah ini. Cara ini berhasil pada saya, untuk kasus modem tidak terdeteksi.

Berikut ini adalah cara saya untuk mengatasi permasalahan modem terdeteksi tapi tidak bisa connect internet, atau permasalahan modem tidak terdeteksi oleh komputer.

Ada sebuah cara sederhana yang jarang dipikirkan dan dilakukan. Cara itu adalah dengan mencabut modem dari port usb yang selama ini Anda gunakan, dan memasang modem pada port usb yang lain yang ada di komputer Anda. Hanya itu saja.

Melalui cara yang telah saya sampaikan diatas, semoga masalah modem tidak terdeteksi dan tidak bisa connect internet, bisa teratasi.


3 comments:

  1. Gan mau tanya, modem saya kan gk bisa conect jadi setiap saya colokin ke usb warna nya ijo terus,klo ijo kan artinya gk bisa conect. Padahal pas saya coba 30 menit sblmnya modem saya masih oke oke ajh gan tpi ini gk tau knp setiap saya colokin ke usb warna nya ijo terus gk pernah biru. Kartu udh masuk ke modem,tpi pas saya colokin modem ke usb di laptop saya ada tulisan "The Sim/Usim card has not been detected or is invalid." Padahal kartu saya udah masuk ke modem nya tetapi masih ajh gk bisa. Mungkin agan punya solusi nya?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Indra, sudah mampir di blog saya. mengenai permasalahan agan, setahu saya, pada modem terdapat tiga warna yang menandai sinyal modem. warna hijau untuk sinyal edge. warna biru muda untuk sinyal HSDPA, dan warna biru tua untuk sinyal WCDMA.
      pada kasus Anda, warnanya adalah hijau, itu artinya, pada modem anda terdeteksi sinyal. atau indikasi lainnya adalah, kuota internet anda sudah habis. hal itu menyebabkan anda tidak bisa connect ke internet, dan warna lampu juga akan berubah menjadi hijau.

      hanya masalahnya lainnya adalah, kartu modem anda tidak terdeteksi. untuk modem yang bolak balik di cabut dan di pasang, terkadang memang sering terjadi hal yang demikian. apa lagi jika anda me-remove modem setiap akan di cabut.

      solusinya, terkadang jika dibiarkan saja selama beberapa waktu, masalah tersebut akan teratasi dengan sendirinya, karena bisa jadi kesalahan terjadi pada sistem di laptop anda yang tidak mendeteksi modem anda karena modem anda sering di remove sebelum di cabut. jika dikomputer, hal seperti ini bisa diatasi dengan memasang modem pada slot yang berbeda.
      untuk mengatasi masalah ini dengan segera, anda bisa me-registrasi ulang kartu modem anda.

      Delete
  2. Gan saya kan baru beli modem nih , modem bima tri tipe cyborg e388 . Kok gak kedetect ya.. Warna lampunya bru terus..installannya juga gak muncul.. Mohon bantuannya

    ReplyDelete