Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Menerbitkan Buku




cara menerbitkan buku
Jika Anda hobi menulis, suka menuliskan cerita, atau pun pengalaman menarik Anda di buku catatan, diary, atau di laptop, maka Anda telah memiliki satu kriteria penting untuk menjadi seorang penulis, yaitu minat untuk menulis.

Selanjutnya, jika Anda berminat untuk menerbitkan naskah Anda, sebaiknya susun ulang semua cerita maupun pengalaman menarik Anda itu menjadi sebuah naskah yang telah memiliki alur yang menarik untuk diterbitkan menjadi buku. Namun syarat yang paling penting tentu saja adalah rasa percaya diri. Karena tanpa rasa percaya diri dan minat untuk mencoba minat tulis-menulis Anda menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis, maka naskah Anda (terlepas dari persoalan bagus atau tidak) hanya berupa file. Ya, hanya file. Tak lebih tak kurang.

Langkah pertama setelah Anda merampungkan naskah Anda adalah melakukan survey penerbit yang cocok dengan kriteria naskah yang Anda tulis.  Karena tidak semua penerbit menerima dan menerbitkan semua jenis naskah buku. Tapi ada penerbit yang hanya mengkhususkan menerbitkan naskah buku pelajaran, ada yang hanya menerbitkan buku anak-anak, novel, buku agama, buku pelajaran, buku internet, komputer, dan lain sebagainya.

Jadi, kenali jenis naskah yang Anda tulis apakah bergenre novel untuk remaja, buku cerita untuk anak-anak, buku komputer, atau genre lainnya untuk dikirimkan ke penerbit yang sesuai dengan genre naskah Anda.

Mengenai tatacara pengiriman naskah, serta syarat dan ketentuan pengiriman naskah, disetiap penerbit tentu memiliki perbedaan. Ada yang bisa mengirim naskah langsung (file dalam bentuk softcopy berisi naskah, kata pengantar mengenai kelebihan naskah Anda dengan buku serupa yang pernah di terbitkan, dan data Anda sebagai penulis), melalui email penerbit yang tertera di website mereka. Ada juga penerbit yang tidak menerima naskah dalam bentuk file softcopy, tetapi mengharuskan mengirimkan naskah yang telah di print out dan di jilid rapi, kemudian dimasukkan dalam amplop besar dan tertutup, yang dilengkapi dengan alamat penerima dan alamat pengirim, serta mencantumkan jenis naskah Anda di salah satu sudut amplop apakah novel remaja, buku komputer atau jenis lainnya, guna memudahkan pengkategorian naskah oleh penerbit, setelah itu kirim ke alamat redaksi penerbit, baik melalui jasa pos, atau Anda antar sendiri jika alamat penerbit dekat dengan rumah Anda.

Jika naskah Anda adalah novel-novel remaja, maka kirim ke penerbit yang mengkhususkan menerbitkan novel remaja. Sebaliknya, jika naskah Anda adalah tips-trik mengenai komputer, maka kirim naskah ke penerbit yang menerbitkan genre naskah tersebut. Jangan mengirimkan naskah bergenre buku tips-trik komputer ke penerbit yang mengkhususkan menerbitkan buku-buku agama. Itu Anda salah sasaran.

Namun, yang perlu Anda sadari setelah melakukan semua tahapan itu adalah, bahwa menerbitkan buku melalui penerbit mayor, atau penerbitan yang telah terkenal yang mungkin telah memiliki toko buku sendiri, tidaklah mudah. Naskah Anda akan bersaing dengan ratusan naskah lainnya yang juga mengantri di meja redaksi, dengan kriteria utama penilaian adalah apakah naskah cukup memenuhi selera pasar untuk diterbitkan atau tidak.

Selain melalui penerbit mayor, atau penerbitan yang telah terkenal, Anda juga bisa mencoba menerbitkan naskah buku Anda secara self publishing dengan tata cara dan persyaratan yang juga tidak jauh berbeda dengan tata cara serta syarat untuk mengirim ke penerbit mayor. Pada self publishing, naskah Anda kemungkinan besar diterima untuk diterbitkan. Namun Anda tetap harus giat mempromosikan buku-buku Anda.

Melalui penerbit terkenal, atau melalui menerbitkan sendiri (self publishing), tetap diperlukan usaha dan kerja keras untuk meraih kesuksesan menjadi penulis yang karyanya bisa dikenal masyarakat luas.

Namun jika Anda adalah seseorang yang bermental baja dan tidak melihat diri Anda dimasa depan bekerja selain menjadi seorang penulis, dan tetap menulis untuk menuangkan, imajinasi, ide dan pemikiran-pemikiran Anda yang luar biasa, meski naskah Anda berkali-kali ditolak penerbit, maka saya ucapkan selamat. Anda adalah orang berbakat yang belum bertemu nasib baik.

Saya takkan cerita banyak mengenai semangat pantang menyerah, karena pengalaman saya pun tidak banyak. Tapi sebagai contoh dari salah satu penulis dunia yang berjuang keras hingga meraih kepopuleran yang luar biasa, Anda bisa membaca biografi J.K. Rowling, sang penulis novel fenomenal, “Harry Potter”.

Semoga tulisan ini, dan kisah perjuangan sang penulis “Harry Potter”, bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda yang ingin menerbitkan naskahnya menjadi buku, dan bercita-cita menjadi penulis.

No comments