Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Iklan Lowongan Kerja Palsu


iklan lowongan kerja palsu Astindo Tour & Travel

Mau Melamar Pekerjaan, Teliti Dulu Info Lowongan Kerja-nya.

Teliti info lowongan kerja yang Anda dapat via SMS, email, iklan gratis, Facebook, Twitter, dan website lainnya (bukan website resmi perusahaan) sebelum Anda melamar suatu pekerjaan. Karena ada kemungkinan besar iklan lowongan kerja yang Anda baca tersebut adalah iklan lowongan kerja milik Penipu Iklan Lowongan Kerja yang disebarkan melalui blog maupun media sosial.



Ciri-ciri iklan lowongan kerja palsu antara lain:

1. Tidak adanya tanggal penerimaan maupun tanggal penutupan lowongan pekerjaan.

Ini adalah indikasi awal yang harus Anda curigai sebagai iklan lowongan kerja palsu. Karena iklan lowongan kerja palsu yang di tebar penipu iklan lowongan kerja palsu di blog-blog lowongan kerja maupun media sosial, tidak mencantumkan tanggal penerimaan maupun tanggal penutupan penerimaan. Hal ini tentu menjadi kecurigaan yang paling mendasar. Dan Anda wajib hati-hati dan mencari tahu lebih lanjut jika menemukan informasi lowongan kerja dengan ciri-ciri iklan lowongan kerja seperti ini. Karena iklan lowongan kerja yang asli selalu memiliki tanggal penerimaan dan tanggal penutupan penerimaan karyawan. Dan yang terpenting, jangan lupa cek di situs resmi perusahaan / lembaga / instansi yang mengiklankan info lowongan kerja tersebut, karena biasanya situs resmi perusahaan atau instansi yang membuka penerimaan karyawan baru akan turut mencantumkan informasi jika ada informasi penerimaan karyawan baru di perusahaan / lembaga / instansi-nya.

2. Alamat email yang ditampilkan dalam informasi lowongan kerja tersebut bukan alamat email resmi perusahaan, tapi alamat email gratisan dari yahoo, gmail, dan lain sebagainya.

Jika anda mengirimkan lamaran pada alamat email tersebut, maka penipu akan segera mengirimkan SMS ke nomor hp Anda dan penipu juga mengirimkan email balasan berupa panggilan tes ke alamat email Anda yang disertai dengan lampiran file  panggilan tes.
Dalam lampiran panggilan tes yang terdapat dalam email tersebut, anda diwajibkan untuk mengkonfirmasi kehadiran anda untuk mengikuti tes via SMS ke nomor HP penipu dengan format tertentu seperti: FREEPORT#NAMA#HADIR/TIDAK.
Selain itu penipu juga mewajibkan anda melakukan reservasi tiket pada jasa travel yang ditunjuknya (untuk mengurus biaya transportasi dan akomodasi). Jasa travel yang biasa digunakan penipu adalah Astindo Tour & Travel ada juga Angkasa Tour & Travel dan jasa travel lainnya. Travel tersebut hanya sebagai kedok penipuan saja, dan ujung-ujungnya penipu menyuruh anda mentransfer biaya transportasi dan akomodasi pada rekening penipu (rekening pribadi bukan rekening perusahaan dan ini sudah jelas penipuan).   Untuk meyakinkan anda, penipu berjanji pada anda akan mengembalikan biaya transportasi dan akomodasi tersebut setelah tes selesai.
Sampai disini, bila Anda menggunakan pemikiran yang tenang, maka Anda akan menyadari bahwa Anda sedang menjadi sasaran korban Penipu Iklan Lowongan Kerja Palsu.
Kenapa saya sebut seperti itu, karena biasanya, penipu akan membuat Anda panik dengan membatasi waktu reservasi pemesanan tiket dengan mengatakan bahwa Anda hanya punya waktu kurang dari 1 jam untuk memboking tiket dengan mentranfer dana pemesanan tiket ke alamat rekening penipu. Dan bila lewat dari waktu tersebut, maka Anda akan di anggap gugur. Inilah moment sebenarnya yang menentukan apakah Anda memakan umpan Penipu Iklan Lowongan Kerja Palsu.
Jika Anda tidak tenang dalam menanggapi umpan penipu iklan lowongan kerja palsu dan tetap mentransfer biaya transportasi dan akomodasi ke nomor rekening yang diberikan penipu, maka bersiaplah untuk segera menangis dan menyesal, karena uang Anda lenyap dan pekerjaan pun tak dapat.
Itu pun masih untung bila Anda belum benar-benar berangkat dan tiba di suatu bandara lalu menunggu jemputan di bandara seperti yang dijanjikan penipu dalam file lampiran panggilan tes yang di kirim ke email Anda, dan penjemputan itu tak pernah datang.

Sebagai penutup postingan ini, yang penting untuk di ketahui bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan adalah, setiap instansi / perusahaan atau lembaga yang sedang membuka penerimaan karyawan selalu membuat iklannya di media cetak maupun elektronik yang memiliki banyak jumlah pembaca, dan mereka juga menampilkan informasi penerimaan karyawan di instansi atau perusahaannya melalui website mereka sendiri.
Untuk itu, selalu waspada, bersikap tenang, dan gunakan akal sehat Anda jika membaca informasi lowongan kerja khususnya dari blog-blog berisi informasi lowongan kerja atau media sosial yang tidak mencantumkan sumber atau alamat url asli dari mana ia meng-copy-paste atau mendapatkan informasi iklan lowongan kerja tersebut.



Kata Kunci :
Lowongan Kerja Fiktif
Astindo Tour & Travel Kedok Penipuan Lowongan Kerja
Lowongan Kerja Fiktif PT. Pertamina
Lowongan Kerja Fiktif PT. Freeport Indonesia
Lowongan Kerja Fiktif PT. PAL Indonesia

No comments