Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial

pengertian interaksi sosial
Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi sosial adalah suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang ketika dia bertindak dalam sebuah relasi dengan orang lain. Manusia sebagai mahluk sosial tentu memerlukan lingkungan sosial demi kelangsungan hidupnya, karena manusia bergantung dengan lingkungan sosialnya, dan karena interaksi sosial merupakan inti dari pemahaman tentang kehidupan bermasyarakat. 

Menurut Purba (2005: 1), Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah bisa hidup seorang diri. Di mana pun dan bila mana pun, manusia senantiasa memerlukan kerja sama dengan orang lain.

Manusia membentuk pengelompokkan sosial (social grouping) di antara sesama dalam upayanya mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan. Kemudian dalam kehidupan bersamanya itu manusia memerlukan pula adanya organisasi, yaitu suatu jaringan interaksi sosial antar sesama untuk menjamin ketertiban sosial. Interaksi-interaksi sosial itulah yang kemudian melahirkan sesuatu yang dinamakan lingkungan sosial, seperti keluarga inti, keluarga luas, kelompok masyarakat dan lain-lain. Lingkungan sosial tersebut sebagai tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara anggota atau kelompok masyarakat beserta pranatanya dengan simbol dan nilai serta norma yang sudah mapan, serta terkait dengan lingkungan alam (ekosistemnya) dan lingkungan binaan/buatan (tata ruang). 


berdsarkan hal tesebut dapat dipahami bahwa, Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antara individu, indivudu/seseorang dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa adanya interaksi sosial, maka tidak mungkin akan ada kehidupan bersama. Proses sosial adalah suatu interaksi hubungan timbale balik atau saling mempengaruhi antara manusia yang berlangsung sepanjang masa hidupnya di dalam masyarakat.

Oleh karena itu, interaksi sosial sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa melakukan interaksi maka tidak ada kehidupan bersama dalam lingkungan sosial, yaitu melalui aksi saling merespon dengan berbagai tanggapan dan melakukan komunikasi.





No comments