Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Modus Baru Penipuan Undian Berhadiah dari Telkomsel

penipuan undian berhadiah dari telkomsel
Waspada dengan nomor telepon tidak dikenal yang menghubungi Anda, karena akhir-akhir ini pelaku penipuan sedang menggunakan metode ini untuk memanipulasi pikiran calon korbannya. Pelaku penipuan sudah tidak lagi menggunakan metode mengirim sms yang isinya biasanya adalah undian berhadiah, kemudian pelaku menunggu ada calon korban yang terperangkap dalam janji-janji manis yang ada dalam sms undian berhadiah tersebut. Metode tersebut sudah kuno, meski sampai hari ini masih kita dengar ada saja orang yang jadi korban penipuan dengan metode sms undian berhadiah ini.

Modus penipuan sekarang sudah lebih berani yaitu dengan menghubungi calon korbannya, bahkan berani mengaku-ngaku sebagai pejabat di sebuah perusahaan seperti perusahaan telekomunikasi misalnya, yang perusahaannya baru saja melakukan penarikan undian.


Sampai disini mungkin Anda punya pemikiran, “kok masih ada yaa…orang yang percaya dengan modus penipuan undian berhadiah ?”

Nah itu dia masalahnya, bahkan meski Anda orang terpelajar dan terang benderang sudah mengetahui sebelumnya mengenai modus penipuan undian berhadiah ini, Anda tetap bisa menjadi calon korban berikutnya. Mengapa demikian...?? menurut hemat saya, ada semacam doktrin hipnotis yang akan membuat Anda lupa mengenai modus penipuan undian berhadiah ini yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Dan kemudian Anda akan mudah dikendalikan oleh pelaku.

Oleh karena itu, jangan anggap remeh penipuan bermodus undian berhadiah ini.

Baru-baru ini saya mendapati modus penipuan undian berhadiah yang modusnya secara umum seperti telah saya jelaskan pada paragraph diatas, dimana pelaku menelepon calon korbannya, dan kemudian entah bagaimana, si korban akan menuruti semua instruksi dari pelaku.

Inti dari modus penipuan undian berhadiah yang akan saya sampaikan kali ini adalah, modus penipuan ini berawal dari sebuah pesan popcall dan akan berakhir sebagai sebuah transaksi uang elektronik yang tidak Anda sadari, terlebih lagi bagi Anda yang tidak familiar dengan uang elektronik dan bagaimana sistem tersebut bekerja.

Simak kronologi modusnya berikut ini:

Akan ada sebuah panggilan telepon masuk dari nomor HP tidak dikenal yang intinya ia mengaku sebagai karyawan Telkomsel yang bertugas untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan telkomsel bahwa Anda (orang yang sedang ia telepon) memenangkan hadiah sejumlah uang.

Dengan nada suara yang sangat terpelajar dan terdengar sangat ‘berwibawa’ ia menyampaikan dengan sangat meyakinkan bahwa Anda memenangkan hadiah sejumlah uang dari salah satu ‘gebyar hadiah undian telkomsel’. Hal itu berusaha ia buktikan dengan memverifikasi sebuah kode pin yang cocok dengan yang Anda dapatkan melalui pesan POPCALL yang mengatasnamakan Telkomsel.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu pesan popcall, fungsi layanan ini sangat sederhana. Secara singkat dapat saya jelaskan bahwa, pesan popcall itu adalah sebuah layanan dari provider, yang mirip seperti layanan pesan bergambar atau ringtone. Pesan popcall ini muncul pada handphone Anda, isinya berupa pesan yang ingin disampaikan si penelepon kepada Anda sebelum Anda mengangkat sambungan telepon tersebut, isinya bisa berupa ucapan salam dan sebagainya. Ketika Anda menerima pesan popcall tersebut, Anda akan terhubung dengan orang yang menelepon Anda.

Dan untuk mempermudah pengambilan hadiah, pihak Telkomsel (si penelepon penipu) tersebut akan mentransfer uang hadiah tersebut ke nomor rekening Anda (ia tidak mempermasalahkan rekening apa yang Anda punya dan ia tidak mengharuskan pada suatu nomor rekening dari bank tertentu).

Sampai disini dalam situasi pembicaraan tersebut Anda (orang yang ditelepon) akan merasa biasa saja, malah mungkin merasa senang karena akan ada uang yang ditransfer ke nomor rekening milik Anda.

Sampai disini orang yang ditelepon akan merasa tidak ada unsur penipuan, karena hal ini berbeda dengan modus penipuan lainnya yang terang-terangan malah meminta mentransfer uang ke nomor rekening tertentu. Hal yang dilakukan penipu ini justru sebaliknya, malah ia “yang akan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening Anda”. Modus ini tentu tidak terpikirkan sebagai sebuah modus penipuan. Dan korban akan merasa santai saja (mungkin cenderung merasa senang karena akan ada uang yang ditransfer ke nomor rekeningnya)

Kemudian si penelepon penipu akan meminta nomor rekening Anda untuk mentransfer uang hadiah tersebut pada hari itu juga. Lalu Anda akan disuruh untuk mengecek saldo Anda melalui ATM terdekat, apakah uang tersebut sudah masuk atau belum.

Nah disinilah letak manipulasi yang dilakukan pelaku terhadap pikiran Anda. Anda akan menurut dengan instruksi yang ia berikan. Dan disinilah kode yang diberikan penipu kepada Anda, akan berfungsi. Bagi Anda yang tidak familiar dengan mesin ATM dan hanya tahu fungsi untuk menarik dan mengecek saldo tabungan, maka Anda adalah kandidat terkuat untuk menjadi korban penipuan ini.

Kemudian, pada saat Anda mengecek saldo tabungan Anda, akan ada sebuah pemberitahuan bahwa saldo di ATM Anda tidak mencukupi limit.

Dan saat korban (pihak yang ditelepon) merasa bingung dengan pemberitahuan pada saldo di ATM nya tersebut, “sebuah system perbankan” telah bekerja (untuk menguntungkan si penelepon penipu). Karena pada saat Anda masih merasa bingung, seluruh uang di rekening Anda telah hilang !! ‘kode verifikasi’ yang diberikan si penipu kepada Anda dan telah Anda gunakan, kode itu sudah menjalankan tugasnya.

Semuanya sudah terlambat saat Anda tersadar untuk mengecek saldo di ATM Anda sekali lagi, karena sekarang semua uang yang ada di ATM Anda telah raib entah kemana.

Ini adalah sebuah modus penipuan yang sangat halus, dengan memanfaatkan sebuah sistem transaksi perbankan seperti uang elektronik, yang tidak diketahui cara kerjanya oleh orang awam.

Dalam kasus ini, si penipu menyamarkan akun miliknya dengan nama undian yang ia sebutkan kepada Anda, misalnya “hadiah uang tujuh juta rupiah”. Nama “hadiah uang tujuh juta rupiah” itu adalah nama akun rekening milik si penipu.

Penyamaran nama akun penipu tersebut tentu akan membuat korban tidak menyadarinya, bahwa ia telah menstranfer uang ke rekening si penipu yang nama rekeningnya ia samarkan dengan nama undian berhadiah itu. 

Oleh karena itu, pengalaman yang dapat diambil dari kejadian ini adalah, berhati-hati saat menerima telepon dari nomor tidak dikenal dan terlebih lagi saat ia kemudian mengaku dari pihak tertentu untuk “memberikan hadiah” kepada Anda, atau mengaku telah salah melakukan transfer uang ke nomor rekening Anda. Dan jangan memberikan informasi apapun mengenai akun perbankan Anda kepada orang yang tidak dikenal, walaupun hanya nomor rekening. Dan jangan melakukan aktifitas transaksi perbankan yang tidak Anda mengerti kepada orang yang tidak Anda kenal.

Cara teraman untuk menghindari modus ini adalah, segera sadarkan diri Anda saat Anda menerima telepon dari orang tidak dikenal yang mengaku-ngaku dari pihak tertentu dan akan memberikan hadiah undian kepada Anda.

Segera tutup telepon tersebut, dan jadilah orang yang ketus saat ia kembali menelepon untuk berusaha meyakinkan Anda.

Perlu Anda pahami bahwa, undian berhadiah yang resmi hanya dilakukan dan diumumkan dimedia cetak dan media elektronik yang memiliki oplah yang besar. Bahkan Anda bisa mengecek di situs resmi perusahaan tersebut. Sedangkan melalui sms dan telepon dari nomor tidak dikenal, sudah bisa dipastikan itu adalah pelaku penipuan.



Semoga artikel ini bermanfaat
dan semoga kita terhindar dari orang-orang yang berniat jahat pada kita.


Kepada pelaku kejahatan, baik kejahatan penipuan, korupsi, atau apapun bentuknya, semoga uang atau apapun dari hasil kejahatan Anda, memberanguskan kehidupan Anda, dan membuat kehidupan sosial dan ekonomi Anda bertambah sulit.

Semoga Anda sadar bahwa, Tidak ada keberkahan yang didapat dari menipu. Dan tidak ada kekayaan yang bisa Anda dapat dari sebuah aksi kejahatan. Karena orang-orang paling kaya dimuka bumi ini, mendapatkan kekayaannya dari pontang-panting berusaha dan memulai usahanya dari nol !!



---
Kata Kunci:

Modus Penipuan Undian Berhadiah dari Telkomsel
Penipuan Undian Telkomsel
Penipuan Undian Berhadiah
Popcall


No comments