Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw X5

Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw X5
Coreldraw anda tiba-tiba mengalami masalah error 24 yang membuat aplikasi ini tidak bisa dibuka?  tenang, tidak perlu kesal.

ada cara mudah untuk Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw ini tanpa install ulang.

Meski tidak tahu pasti apa sebenarnya faktor penyebab yang membuat CorelDRAW mengalami kode Error 24, karena sebelumnya aplikasi coreldraw masih bisa berjalan normal tanpa kendala apapun. Tapi Error 24 ini bisa terjadi pada CorelDRAW X4 maupun CorelDRAW X5. Jika Coreldraw sudah mengalami error 24 ini, sudah dipastikan aplikasi tidak bisa dibuka.


dibawah ini adalah contoh pesan error 24 dari coreldraw X5.

Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw X5


Anda tidak perlu menginstall ulang program CorelDRAW anda, seperti yang diperintahkan pada pesan error 24 tersebut, karena menginstall ulang coreldraw, tidak akan menghilangkan pesan error ini dan membuat coreldraw anda dapat kembali berfungsi normal.

Ada dua solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini, khususnya untuk coreldraw X5. kenapa coreldraw X5? karena dari dua cara yang biasanya berhasil untuk menghilangkan masalah error 24 pada coreldraw, yaitu mengganti tanggal komputer ke satu bulan sebelumnya, atau mengganti file coreldraw yang berekstensi .dta. Hanya cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi error 24 pada coreldraw X5.

penyebabnya:

Khusus untuk pengguna coreldraw X5, sejauh penelusuran saya hingga tips ini saya posting, pada cara kedua (yang dapat menyelesaikan masalah ini secara permanen), yaitu dengan mengganti file berekstensi .dta, saya hanya menemukan patch berekstensi DR14.dta yang diperuntukkan untuk coreldraw X4, sedangkan patch berekstensi DR15.dta yang diperuntukkan untuk coreldraw X5 saya tidak menemukannya, karena banyak situs asing yang saya meragukan kredibilitasnya dalam menyediakan patch ini untuk didownload. (hati-hati mendownload dan menginstall file seperti ini dari situs yang tidak anda kenal, karena berpotensi merupakan file berisi virus komputer. satu masalah anda belum selesai, bisa-bisa anda dihadapkan dengan masalah baru, yaitu komputer anda terinfeksi virus komputer akibat menginstall file dari situs yang tidak terpercaya).

jika anda lebih beruntung dari saya (dengan menemukan file berekstensi DR15.dta dari suatu sumber yang terpercaya), silahkan lanjutkan langkahnya seperti cara dibawah ini:

tempatkan file tersebut pada C:\ProgramData\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X5 (khusus pengguna OS Windows 7). Didalamnya akan ditemukan file DR15.dta, ganti gile tersebut dengan file DR15.dta yang baru anda miliki.

Biasanya folder Program Data statusnya Hidden sehingga jika kita tidak melakukan pengaturan lagi untuk menampilkan folder tidak akan terlihat. Untuk menampilkan folder yang status hidden lakukan langkah berikut.

Dari Windows Explorer silakan Anda klik pilih Organize kemudian Folder and search options.



Klik tab View dan klik pilih Show hidden files, folders, and drivers, dan klik ok. Kini folder program data yang tersembunyi akan terlihat.




kembali ke local disk C:\

perhatikan gambar dibawah ini. gambar pertama tidak memperlihatkan folder program data. tapi setelah kita melakukan penyetingan, maka folder program data, sudah terlihat. klik file tersebut.






setelah anda klik program data, cermati link forder dibawah ini yang perlu anda telusuri hingga memperlihatkan file DR15.dta.




Jika nanti sudah melakukan copy paste file DR15.dta, untuk menyembunyikan kembali folder ini silakan ulangi langkah ini dan pilih Don’t show hidden files, folders, and drivers.

silahkan ganti file DR15.dta yang lama tersebut, dengan file DR15.dta anda yang baru.

masalah Error 24 pada coreldraw anda akan hilang. cara ini juga bisa digunakan untuk coreldraw X4.


---
tapi jika anda tidak menemukan file DR15.dta dari sumber yang terpercaya, oleh karena itu, khusus untuk pengguna coreldraw X5 yang mengalami error 24 dan tidak menemukan patch DR15.dta dari sumber yang terpercaya, saya menyarankan untuk menggunakan cara pertama yaitu mensetting tanggal di komputer anda. meski cara ini sedikit merepotkan karena anda harus mensetting tanggal di komputer anda setiap akan menggunakan coreldraw, tapi cara ini jauh lebih baik daripada anda tidak bisa menggunakan coreldraw X5 anda.

Tidak sulit mengubah pengaturan tanggal komputer. Anda tinggal klik Taskbar komputer di (kanan-bawah) layar monitor anda, kemudian klik pilih Change date and time settings.



dan geser saja tanggalnya ke satu bulan yang lalu, seperti gambar dibawah ini. (saya mensettingnya ke tanggal satu bulan yang lalu).



jika sudah, klik ok.

Masalah Error 24 pada coreldraw akan terselesaikan dan CorelDRAW X5 anda bisa dijalankan dengan normal.

silahkan dicoba.

bagi agan-agan baik hati yang memiliki file DR15.dta untuk coreldraw X5, boleh dishare link downloadnya. Atau agan-agan yang punya tips lebih baik dari ini, boleh dishare tipsnya disini. .

oke. sampai jumpa lagi di google dengan artikel saya yang baru.

salam.


---
Kata Kunci:

Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw
Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw X4 X5
Cara Mengatasi Error 24 Pada Coreldraw Tanpa Install Ulang


3 comments:

  1. mantep gan... gua udh ketemu ni yang work dta15 ya :D

    ReplyDelete
  2. terima kasih saya sudah dapat dari google file dr15.dta

    ReplyDelete