Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Pengertian Dasar-Dasar Jurnalistik


dasar-dasar jurnalistik
Pengertian jurnalistik secara umum adalah aktifitas kewartawanan seperti mencari, mengedit, hingga menyiarkan berita melalui media massa. Media massa adalah sarana komunikasi massa. Komunikasi massa sendiri artinya adalah proses penyampaian pesan, gagasan atau informasi kepada orang banyak secara serentak.

Ciri-ciri karakteristik media massa adalah disebarluarkan kepada khalayak luas/publisitas, pesan atau isinya bersifat umum/universal, berkesinambungan dan berisi hal-hal baru yang aktual. Media massa biasa disebut juga sebagai pers.


Fungsi media massa secara umum terdiri atas sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi
  2. Edukasi/mencerdaskan
  3. Kontrol
  4. Menghibur
Media massa dijalankan oleh peran pers, atau orang-orang yang bergerak dalam bidang penyiaran berita, baik melalui surat kabar, majalah, radio, televisi dan media lainnya. ada pun peran pers adalah sebagai berikut:
  1. Melaporkan peristiwa yang tidak diketahui oleh masyarakat
  2. Sebagai interpreter/wakil publik
  3. Menjaga atau mengontrol dan membuat kebijaksanaan atau advokasi
Dalam menjalankan tugasnya, peran pers, atau orang-orang yang bergerak dalam bidang penyiaran berita melalui berbagai saluran (media), tidaklah mudah, karena mereka harus mencari berita yang memiliki nilai. Pengertian nilai berita adalah sebagai berikut:
  1. Harus membuat nilai-nilai berita di dalamnya/tidak sembarangan mengangkat tema permasalahan menjadi berita
  2. Berita harus bersifat objektif/berdasarkan fakta dan tidak memihak’
  3. Aktual/terbaru
  4. Luar biasa/tidak umum
  5. Penting/berdampak bagi orang banyak atau menyangkut orang banyak
  6. Jarak/familiaritas (geografis, cultural, fisiologis), artinya memiliki kedekatan emosional yang berdasarkan jarak, latar geografis, kultur, dan sebagainya
Berita sebagai hasil dari karya jurnalistik yang disajikan melalui media massa, selain bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, berita yang disajikan melalui media massa juga memiliki fungsi sosial. Adapun fungsi sosial media massa adalah sebagai berikut::
  1. Pengawasan lingkungan/menerangkan kondisi yang terjadi pada berbagai kalangan masyarakat di berbagai daerah
  2. Korelasi sosial atau hubungan timbal-balik mengenai sebab-akibat dari hubungan sosial yang terjadi dimasyarakat
  3. Mensosialisasikan hubungan sosial/menyampaikan kondisi sosial orang lain di daerah lain
  4. Entertain/menghibur
Oleh karena itu, selain memiliki fungsi sosial, media massa juga memiliki karakteristik. Adapun karakteristik media massa adalah sebagai berikut:
  1. Publisitas: penyebaran informasi kepada publik, khalayak atau orang banyak
  2. Universalitas: pesan yang bersifat umum, segala aspek kehidupan berbagai peristiwa di semua tempat yang menyangkut kepentingan umum yang sasarannya kalangan pendengar, pembaca, dan pemirsa
  3. Periodisitas: tetap atau berkala misalnya; harian atau mingguan
  4. Aktualitas: menyiarkan hal-hal baru, cepat dan menarik
  5. Kontinuitas: berkesinambungan menerima siaran.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa, dasar-dasar jurnalistik adalah salah satu aktifitas kewartawanan yang meliputi seluruh kegiatan penelusuran, pengolahan dan penyampaian informasi yang memiliki nilai sebagai sebuah berita dengan menggunakan media massa sebagai sarana penyajiannya.

No comments