Pengertian Tujuan dan Fungsi Iklan
Iklan adalah merupakan
pesan yang disampaikan komunikator tentang barang dan jasa kepada komunikan,
melalui media massa dengan menyewa ruang dan waktu yang bertujuan untuk
memberikan informasi, membujuk dan mempengaruhi khalayak agar bertindak sesuai
dengan keinginan pengiklan.
Tujuan iklan antara lain:
-
Menyadarkan komunikan dan memberi informasi
tentang suatu barang dan jasa atau ide.
-
Menimbulkan dalam diri komunikan suatu perasaan
suka akan barang dan jasa maupun ide yang disajikan dengan memberi preferensi
kepadanya
-
Menyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa
yang dianjurkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang dan jasa yang
dianjurkan.
Iklan dari sudut pandang
‘konsumsi’ iklan dipandang sebagai suatu mendia penyampai informasi tentang
kemampuan, harga fungsi produk atau atribut lainnya yang berkaitan dengan suatu
produk.
Jenis iklan
berdasarkan tujuannya
- Iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasalan
suatu produk atau jasa. Iklan ini terbagi dua:
a. Iklan strategis: digunakan untuk membangun merek.b. Iklan taktis: memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumsi agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu.
- Corporate advertising adalah iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut.
- Iklan publik advertising: bertujuan menjual
gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat.
Fungsi iklan antara lain:
- Sebagai mediasi atau representasi pesan melalui persuasi
- Sebagai pemberitahuan
- Sebagai media penyampaian informasi dan alternative pilihan kepada konsumen
- Sebagai alat menciptakan citra
- Memberi penjelasan, gambaran dan uraian yang akuran dan rinci mengenai produk yang ditampilkan
No comments