Cara Mengatasi Munculnya ID Apple yang berbeda saat Mengupdate Aplikasi di App Store pada Perangkat iOS
Anda merasa aneh saat hendak mengupdate sebuah aplikasi di iOS
melalui App Store dan muncul kotak dialog yang meminta Anda memasukkan password
dari Apple ID yang bukan milk Anda ?
Tenang, ada cara mudah untuk mengatasi masalah munculnya ID
Apple yang berbeda saat mengupdate aplikasi di App Store pada perangkat iOS
Anda
Tapi sebelum ke inti permasalahan, ada baiknya kita bahas
sedikit perihal kenapa App Store bisa meminta ID Apple yang berbeda dengan
milik Anda pada saat akan mengupdate sebuah aplikasi dari App Store. Padahal perangkat
iOS saling terhubung dengan ID Apple di iOS, maupun dengan iTunes pada Mac/PC.
Ini penjelasannya:
Untuk mendownload dan menginstall aplikasi pihak ketiga ke perangkat
iOS (iPhone, iPad dan iPod touch), hanya ada dua cara resmi yang di izinkan
Apple, yaitu mendownload langsung dari App Store pada perangkat iOS (iPhone,
iPad dan iPod touch), dan cara kedua adalah melalui iTunes Store yang
terinstall pada Macintosh (Mac) atau pada Windows (PC).
Menginstall aplikasi ke perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod
touch) diluar dua cara tersebut adalah illegal, dan biasanya dilakukan dengan
cara melakukan jailbrake pada perangkat perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod
touch) tersebut.
Yang perlu disadari bagi pengguna iOS adalah, bahwa setiap
aplikasi yang didownload dari App Store/iTunes pastilah terhubung dengan sebuah
Apple ID, karena untuk mendownload aplikasi dari App Store/iTunes Store kita
membutuhkan akun iTunes/Apple ID.
Adapun penyebab munculnya ID Apple milik orang lain pada
perangkat iOS Anda saat Anda mencoba mengupdate suatu aplikasi pada perangkat
iOS Anda, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan sebagai berikut:
Anda membeli iPhone/iPad bekas/second, tetapi iPhone/iPad
tersebut belum direset/direstore sebelum jadi milik Anda, sehingga iPhone/iPad
tersebut masih berisi data-data dari pemilik sebelumnya, termasuk
aplikasi-aplikasinya.
Bisa saja ID Apple itu milik dari toko/counter HP, saat memperbaiki atau menginstall aplikasi ke dalam perangkat iOS Anda yang kemudian di-sign out lagi dari iPhone Anda tersebut, sebelum diserahkan kembali ke Anda.
penjelasan singkatnya adalah, bila Anda hendak mengupdate suatu
aplikasi di perangkat iOS Anda, dan perangkat iOS Anda menampilkan ID Apple
yang berbeda, alias bukan ID Apple milik Anda, itu artinya, aplikasi tersebut
di download menggunakan ID Apple yang berbeda dari ID Apple Anda, tapi di
download oleh pemilik ID Apple yang muncul tersebut, dan jelas ID Apple itu
bukan milik Anda, tapi milik seseorang yang ‘mungkin pernah’ menggunakan
perangkat iOS Anda selain Anda sendiri.
Untuk mengatasi masalah munculnya ID Apple yang berbeda saat
mengupdate aplikasi di App Store pada perangkat iOS Anda, satu-satunya cara
untuk mengatasinya adalah, hapus aplikasi tersebut dengan cara tekan aplikasi
tersebut hingga semua icon aplikasi di home screen bergoyang dan menampilkan tanda
‘x’ di sudutnya. Kemudian tekan tanda ‘x’ tersebut untuk menghapus aplikasi,
dan download ulang aplikasi itu di App Store menggunakan ID Apple milik Anda. Dengan
begitu, aplikasi tersebut adalah benar-benar milik Anda, karena Anda sendiri
yang mendownload dan menginstallnya ke perangkat iOS Anda menggunakan ID Apple
milik Anda. Dan bila aplikasi tersebut terdapat pembaharuannya, maka Anda bisa
mengupdatenya menggunakan ID Apple milik Anda sendiri.
Kata Kunci:
Cara Mengatasi Munculnya ID Apple yang berbeda saat Mengupdate Aplikasi di App Store pada Perangkat iOS
Cara Mudah untuk Mengatasi Masalah Munculnya ID
Apple yang berbeda saat Mengupdate Aplikasi di App Store pada Perangkat iOS
No comments