Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Cara Mengembalikan Data yang terhapus dari iPhone ios 7

Kita pasti pernah baik secara sengaja ataupun tidak sengaja menghapus file seperti foto atau video di smartphone kita. Ketika file tersebut terhapus, tiba-tiba kita merasa menyesal dan ingin mengembalikan file tersebut ke perangkat smartphone kita. Tapi tidak tahu bagaimana cara mengembalikan foto atau video  yang sudah kita hapus di smartphone kita tersebut.

Kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara mengembalikan data yang terhapus dari handphone, bahkan Anda bisa memperbaikinya sendiri dirumah, tanpa perlu ke tukang reparasi handphone. Karena mereka juga akan melakukan hal yang sama untuk mengembalikan data yang hilang pada smartphone Anda.

Khusus pengguna perangkat iPhone dengan ios terbaru (minimal ios 8) permasalahan foto yang terhapus dari iPhone dapat dengan mudah dikembalikan, karena adanya fitur semacam recycle bin pada ios 8, yang dapat kita gunakan untuk melihat lagi, sekaligus mengembalikan  file yang baru saja terhapus secara tidak sengaja atau sengaja kita hapus dari perangkat iPhone dengan ios 8 atau lebih tinggi. Hanya saja dengan syarat, file yang kita hapus tersebut sudah kita hapus tidak lebih dari satu bulan. Bila file yang kita hapus tersebut sudah lebih satu bulan, maka perangkat iPhone benar-benar akan menghapus file tersebut dari sistemnya.

Namun bagaimana mengatasi permasalahan tersebut khususnya bagi pengguna iPhone dengan versi ios yang lebih lama, seperti ios 7 yang tidak memiliki fitur recycle bin seperti pada ios 8 tersebut?
Tenang, masih ada cara lainnya untuk mengembalikan file foto atau video yang terhapus dari iPhone ios 7, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu ‘WonderShare Dr. Phone for iPhone’
Wondershare Dr.Fone for iOS ini adalah sebuah software untuk melakukan recovery atau memulihkan perangkat iPhone, iPad dan iPod touch kita dari kehilangan data contact, messages, photos, notes, dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memperbaiki iPhone kita yang mengalami masalah karena pembaruan software, Dr. Fone for iOS ini (sepenuhnya kompatibel dengan iOS 9 terbaru, atau versi ios sebelumnya seperti ios 7) dan dapat memulihkan atau mengembalikan data yang terhapus di iPhone kita dengan cukup mudah.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah.

Pertama, tentu saja Anda harus mendownload aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS ini dengan versi Terbaru, dan menginstallnya di komputer/laptop Anda. Aplikasi ini bisa Anda cari dengan mudah di google.

Download dan install aplikasi tersebut di komputer Anda.

Dibawah ini adalah tampilan awal aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS di komputer.

cara mengembalikan data yang terhapus dari iPhone ios 7

Namun apabila di komputer Anda belum terinstall aplikasi iTunes, maka tampilan awal aplikasi bukan seperti yang terlihat pada gambar di atas. Akan tetapi ada perintah agar Anda menginstall terlebih dahulu aplikasi iTunes di komputer atau laptop Anda.

Hal tersebut adalah hal yang wajar, karena perangkat APPLE hanya diciptakan untuk  perangkat APPLE  saja, sehingga penggunaan perangkat APPLE pada perangkat yang bukan buatan APPLE memerlukan aplikasi tambahan untuk mengindentifikasi perangkat APPLE (seperti iPhone) di perangkat baru tersebut seperti pada  PC Windows misalnya.

Walau sudah di install, aplikasi iTunes tersebut tidak perlu dijalankan saat Anda menjalankan aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS, jika Anda menjalankan iTunes bersamaan dengan aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS, maka aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS, akan meminta Anda untuk menutup aplikasi iTunes. Karena seperti saya sampaikan sebelumnya bahwa, aplikasi iTunes adalah aplikasi untuk mengidentifikasi perangkat APPLE milik Anda, seperti iPhone atau iPad, pada perangkat baru tersebut seperti penggunaan iPhone pada PC Windows. Jadi disini, fungsi iTunes hanya untuk mendeteksi perangkat iPhone Anda, agar aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS dapat bekerja mendeteksi perangkat iPhone Anda.

Fungsi iTunes lainnya yang tidak kalah penting adalah, iTunes dapat mendeteksi keaslian perangkat APPLE milik Anda, seperti mendeteksi keaslian sebuah iPhone. Bila Anda baru membeli iPhone baru, dan mengkoneksikannya ke komputer Anda, namun iTunes di komputer Anda tidak bisa mendeteksi perangkat iPhone Anda, maka ada kemungkinan iPhone tersebut bermasalah, atau yang lebih buruk lagi adalah, perangkat iPhone tersebut adalah palsu! iPhone Supercopy misalnya.

Kembali ke cara penggunaan aplikasi Wondershare Dr.Fone for iOS untuk mengembalikan data yang hilang pada iPhone kita.

Setelah Wondershare Dr.Fone for iOS dan iTunes telah terinstall di komputer atau laptop Anda, sambungkan perangkat iPhone Anda ke komputer menggunakan usb iPhone Anda, dan tunggu beberapa saat sampai Wondershare Dr.Fone for iOS, mendeteksi perangkat iPhone Anda.

Selanjutnya tinggal melakukan scanning perangkat Anda.

Wondershare Dr.Fone for iOS  memerlukan waktu yang lama untuk melakukan scanning semua file di iPhone Anda. Dari pengalaman saya, scanning ini berlangsung selama satu jam (mungkin bisa lebih lama lagi bila iPhone Anda memiliki banyak foto dan data lainnya)

Jika proses scanning data pada perangkat iPhone Anda telah selesai, maka Wondershare Dr.Fone for iOS, akan menampilkan semua data pada iPhone Anda, baik yang sudah terhapus, maupun yang masih ada di iPhone Anda.

Contoh hasil scanningnya seperti gambar yang terlihat di bawah ini

Cara Mengembalikan Data yang terhapus dari iPhone ios 7

Gambar diatas adalah hasil scanning dari file foto baik yang sudah pernah terhapus, maupun yang belum terhapus. Anda bisa melihat semua file foto tersebut, dan bila Anda ingin menyimpan hasil scanning ini, sekaligus mengembalikan lagi file foto Anda yang hilang, Anda bisa klik pilihan ‘recover to computer’ di sudut kanan bawah untuk menyimpan sekaligus menjadi backup data dari hasil scanning tersebut ke komputer Anda.

Folder tersebut akan tersimpan di drive D komputer Anda dengan nama file ‘Wondershare Dr.Fone backup’

Sampai disini cara mengembalikan data foto yang terhapus dari iPhone dengan ios 7 sudah selesai.

Untuk memindahkan lagi data tersebut ke perangkat iPhone Anda, Anda bisa memilih data yang ingin Anda simpan ke iPhone Anda menggunakan iTunes.


Cara yang tidak jauh berbeda juga dapat digunakan untuk mengembalikan data foto yang hilang dari perangkat smartphone Android, karena Wondershare Dr.Fone, juga tersedia untuk perangkat Android.



Kata Kunci:

Cara Mengembalikan data yang terhapus dari iPhone ios 7
Cara Memperbaiki iPhone yang Rusak
Cara Memperbaiki iPhone Menggunakan Aplikasi Wondershare Dr.Fone for iPhone



No comments