Desain T-Shirt Costom

Breaking News

Pengertian Komunikasi Antar Pribadi

komunikasi antar pribadi

Pengertian Komunikasi Antar Pribadi (komunikasi interpersonal) adalah komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi mapupun pada kerumunan orang. 

Jadi Komunikasi Antar pribadi atau Komunikasi Interpersonal ini merupakan interaksi antara orang ke orang, bersifat dua arah, baik secara verbal dan nonverbal. Oleh karena itu, dalam Pengertian Komunikasi Antar Pribadi akan terjadi saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antara individu didalam kelompok kecil.


Definisi umum Komunikasi Antar Pribadi:
  1. Komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih
  2. Menggunakan media tertentu seperti tatap muka atau melalui telepon.
  3. Bahasa yang digunakan biasanya bahasa informal.
  4. Tujuan yang ingin dicapai dapat bersifat pribadi bila komunikasi terjadi dalam masyarakat.

Definisi Komunikasi Antar Pribadi berdasarkan beberapa komponen lainnya yaitu sebagai berikut:
  1. Definisi berdasarkan komponen: penyampaian pesan oleh satu orang dan penerima pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang dengan berbagai dampaknya dan peluang untuk memberikan umpan balik segera
  2. Berdasarkan hubungan Dyadik: komunikasi yang berlangsung diantara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas
  3. Berdasarkan Pengembangan: Komunikasi Antar Pribadi dimulai dari komunikasi antar orang-orang secara tatap muka yang menginginkan setiap peserta menangkap reaksi orang lain secara langsung baik verbal maupun nonverbal

Selain untuk mengenal diri sendiri dan orang lain, Tujuan Komunikasi Antar Pribadi lainnya adalah sebagai berikut:
  1. Menyampaikan informasi
  2. Berbagi pengalaman
  3. Menumbuhkan simpati
  4. Melakukan kerjasama
  5. Menceritakan kekecewaan atau kekesalan
  6. Menambahkan motivasi
  7. Menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna
  8. Membantu orang lain

Karakteristik Komunikasi Antar Pribadi adalah sebagai berikut:
  1. Komunikasi antar pribadi dimulai dengan diri pribadi
  2. Komunikasi antar pribadi bersifat transaksional
  3. Komunikasi antar pribadi mencakup aspek-aspek isi pesan dan hubungan antar pribadi
  4. Komunikasi antar pribadi mensyarakatkan kedekatan fisik antar pihak yang berkomunikasi
  5. Komunikasi antar pribadi melibatkan pihak-pihak yang saling bergantung satu salam lainnya dalam proses komunikasi
  6. Komunikasi antar pribadi tidak dapat diubah maupun diulang 


Faktor Komunikasi Antar Pribadi yang tidak terlihat adalah sebagai berikut:
  1. Meaning/makna: ketika simbol itu ada dan bagaimana menanggapinya, seperti intonasi, suara, raut wajah dsb
  2. Learning: Interpretasi makna terhadap simbol muncul berdasarkan pola-pola komunikasi yang diasosiasikan pengalaman, interpretasi muncul dari belajar yang diperoleh dari pengalaman
  3. Subjectivity: pengalaman setiap individu tidak akan pernah benar-benar sama sehingga individu dalam encode/menyusun atau merancang dan mendecode/ menerima dan mengartikan pesan tidak ada yang benar-benar sama

Elemen dalam Komunikasi Antar Pribadi (interpersonal) sebagai berikut:
  1. pengirim dan penerima pesan: dalam komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang individu. setiap orang merasa melakukan kegiatan atau fungsi pengiriman pesan itu. sedang individu lainnya merasa menerima dan memahaminya.
  2. Pengkodean dan pemecahan kode: pengkodean artinya proses pengarihan pemikiran kedalam bentuk lambang yang disusun terlebih dahulu dengan menggunakan kata-kata. Dengan kata lain kengkodean bisa disebut juga bagian dari proses produksi pesan antara komunikator dan komunikan menetapkan makna dan lambang sehingga menjadi tindakan menginterpretasikan kodenya.
  3. Pesan: Jika komunikator sedang bicara ia adalah sebagai encoder. sedangkan pendengarnya disebut dengan decoder. Agar komunikasi interpersonal tetap berlangsung pesan itu harus mengekspresikan pikiran dan perasaan.
  4. Gangguan: Segala sesuati yang tidak terdapat unsure kejernihan pesan dalam proses komunikasi sehingga pesan yang disampaikan itu berbeda maksud oleh sipenerima pesan.
  5. Efek: Proses komunikasi senantiasa memiliki akibat baik pada salah satu pelaku atau kedua-duanya. Efek kegiatan komunikasi itu mencakup 3 aspek yaitu sebagai berikut:  (1) Aspek Kognitif: menyangkut kesadaran dan pengetahuan. Contohnya: Dalam memperoleh pengetahuan atau  belajar bagaimana menganalisis sesuatu. (2) Aspek Efektif: menyangkut tentang sikap, emosional, kepercayaan, perasaan sedih atau gembira. (3) Konatif dan Psikomotor: perilaku atau tindakan berbuat sesuatu seperti apa yang disarankan.
  6. Chanel komunikasi: chanel komunikasi yang berhubungan dengan media dalam menyalurkan pesan. Dalam hal ini chanel berfungsi sebagai jembatan antara pengirim dan penerima pesan. Contohnya: Berbicara, mendengar, mencium, tatap muka.
  7. Konteks: Artinya cara kita berkomunikasi setiap saat berbeda karena dipengaruhi oleh konteks. Pengertian konteks itu sendiri adalah situasi yang ada hubungannya dengan kejadian.

Ciri-Ciri Komunikasi Interpersonal/dyadik:
  1. Para pihak yang melakukan komunikasi berada dalam jarak dekat.
  2. Para pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara spontan baik secara verbal dan nonverbal
  3. Keberhasilan komunikasi menjadi tanggungjawab para peserta komunikasi
  4. Kedekatan hubungan peserta komunikasi tercermin pada jenis-jenis pesan atau respon nonverbal mereka seperti sentuhan, tatapan yang ekspresif dan jarak fisik yang dekat
  5.  Komunikasi antar pribadi mungkin didominasi oleh satu pihak

Dari penjelasan singkat mengenai Komunikasi Antar Pribadi (Komunikasi Interpersonal) tersebut, dapat dipahami bahwa, Komunikasi Antar Pribadi (Komunikasi Interpersonal) itu selalu kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan Komunikasi Antar Pribadi (Komunikasi Interpersonal) ini setiap individu dapat berinteraksi dengan individu lain dalam suatu lingkungan sosial masyarakat. Oleh karena itu, Komunikasi Antar Pribadi (Komunikasi Interpersonal) sangat penting untuk dilakukan, karena berkaitan langsung dengan lingkungan sosial kita.

Demikian pembahasan singkat mengenai Komunikasi Antar Pribadi (Komunikasi Interpersonal) ini, semoga dapat menambah wawasan kita bersama dan memberikan tambahan referensi bacaan khususnya bagi teman-teman yang masih kuliah dan sedang mengerjakan tugas mengenai Komunikasi Antar Pribadi.


Terima kasih buat yang sudah mampir disini

Salam kenal


dan sampai jumpa lagi dengan artikel saya yang baru

No comments